Menghilangkan Garis Bawah Warna Merah dan Hijau di Microsoft Office Word

Sedikit mengganggu ketika ingin mulai mengetik di MS Word dan tetiba keseluruhan kata maupun kalimat terdapat tanda garis berwarna merah dan juga hijau. Bikin pusing saja. Maunya dihilangkan sejak awal. Memang sangat sederhana, namun cukup menimbulkan iritasi secara visual.

Kedua warna (tanda) tersebut pada dasarnya memiliki fungsi karena merepresentasikan antara Grammar (tata bahasa) dan juga Spelling (pengejaan). Kalau gak salah disebabkan oleh proses awal ketika meng-install softwarenya yang mengaplikasikan penggunaan bahasa inggris.

Entah kalau pakai Bahasa Indonesia. Mungkin akan tetap aktif juga. Bisa jadi juga karena mengikuti pemakaian bahasa yang Anda terapkan di pc/laptop sehingga akan secara otomatis mengikutinya.

Karena adanya perbedaan penggunaan bahasa baik di MS Word itu sendiri dengan kalimat atau tulisan yang Anda ketik dimana dalam hal ini adalah Bahasa Indonesia, maka kedua tanda tersebut pasti akan tetap muncul selama diaktifkan fiturnya.

Garis bawah yang berwarna merah menandakan bahwa terdapat ketidaksesuaian dengan ejaan. Sedangkan, hijau mewakili adanya kesalahan pada struktur tata bahasa.

Untuk menghilangkan atau me-nonaktifkan kedua fitur tersebut, caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu memilih menu File, lalu pilih Options atau Word Options. Sesaat kemudian, akan terbuka kotak dialog dari menu yang baru saja diklik. Akan ada beberapa pilihan dengan berbagai opsi pada masing-masing pengaturan. Temukan dan klik pada Proofing, lalu pada bilah sebelah kanan - perhatikan pada bagian when correcting spelling and grammar in Word.

Pada bagian bawah bagian tersebut, seharusnya akan ada beberapa pilihan yang telah dicentang terutama pada Check spelling as you type (Periksa ejaan saat Anda mengetik) dan Mark grammar error as you type (Tandai kesalahan tata bahasa saat Anda mengetik). Hilangkan tanda centang pada kedua pilihan tersebut, lalu simpan perubahan yang baru saja dilakukan dengan mengklik Ok.

Dengan langkah diatas, seharusnya garis bawah yang berwarna hijau dan merah yang tidak ingin ditampilkan sudah tidak ada lagi. Dan, selamat mengetik tanpa harus membuat tulisan Anda terlihat mengganggu.

Jika tulisan ini membantu, silahkan di-share!!!

Berkomentarlah menggunakan bahasa yang Anda sendiri takjub untuk membacanya!
EmoticonEmoticon