Menulis di Blogger, Jangan Asal Memindahkan Tulisan Dari Word ke Blogspot

Ada kalanya kita mempersiapkan tulisan di blog terutama pengguna setia blogspot dengan menggunakan MS Office Word. Baik di laptop atau aplikasi tambahan yang serupa tatkala mengetiknya di hp. Mungkin ingin menghemat kuota internet tanpa perlu login ke dashboard, dan sebagainya.

Saya pribadi sering melakukannya karena tampilan media menulis di blog harus di zoom-in terus karena belum responsif ketika diakses di hp. Setelah itu, harus geser kanan-kiri, edit format penulisan seperti memasukkan link, penebalan kata dan masih banyak lagi. Pokoknya banyak kerepotan baru, padahal hanya sekedar menulis di hp. Tambah bingung, pusing, dan melelahkan.

Serius. Melelahkan buat saya. Seharusnya fokus menyelesaikan tulisan, ini malah mengalihkan saya dari tujuan utama tersebut. Karena itu, penggunaan aplikasi sejenis office word atau sejenisnya sangat membantu sekali. Terutama dalam hal pemformatannya.

Namun, ada masalah lainnya yaitu pada mode HTML di blogger, kode yang berasal dari software atau apk yang saya gunakan tersebut juga ikut ter-copy tatkala menempelkannya di blogspot. Dan, hal ini harus dihindari terutama agar postingan tersebut ramah terhadap robot Google tatkala meng-crawl isi dalam blog Anda.

Baca juga: Platform Blog Gratis Untuk Belajar Ngeblog

Saat menulis menggunakan aplikasi tersebut, saya mengesampingkan pemformatan dalam artikel. Kalaupun sekalian melakukannya, biasanya langsung menambahkan kode HTML dengan pikiran bahwa bisa langsung di paste melalui jendela HTML editor ketika menulis sehingga tampilannya sesuai dengan yang diinginkan.

Bagi saya, hal ini tidak merepotkan. Karena ketika sudah terbiasa menggunakan blogspot, pelan-pelan juga akan mengerti dengan kode HTML. Toh, yang dasar-dasar saja. Seperti <b> untuk kode pembuka kata yang ditebalkan dan </b> sebagai kode penutupnya. Yang lainnya paling penggunaan kode H2 dan H3, pembuatan daftar berurutan maupun tidak (list), italic, input link nofollow dan dofollow, dan masih ada beberapa lagi. Yang jelas, hati gak sepusing menuliskannya langsung di blogger.

Namun, jika memilih untuk copy paste dari tools pihak ketiga tersebut, baiknya jangan langsung menerbitkan artikel tersebut. Tapi, cek dulu mode HTMLnya apakah terdapat kode tambahan dari aplikasi yang digunakan.

Jika ada dan banyak, baiknya melakukan langkah selanjutnya yaitu dengan menyeleksi seluruh tulisan dan klik pada ikon huruf T plus tanda silang merah atau yang dikenal sebagai Remove Formatting. Fitur ini berfungsi untuk menghapus semua format penulisan yang telah Anda terapkan sebelumnya saat memakai aplikasi tambahan tersebut.

Menghilangkan format penulisan di blogspot

Kelemahannya, memang harus mulai edit lagi mengenai ketebalan, memiringkan kata atau kalimat dan lainnya. Namun, saya lebih memilih langkah ini ketimbang kerepotan diatas. Setelah itu simpan sebagai draft dan ketika sudah bisa mengaksesnya menggunakan laptop, tinggal diedit sebentar langsung bisa diterbitkan.

Artikel terkait: Akhirnya Saya Beli Domain Baru

Cara lainnya, menggunakan notepad atau txt jika mengetik via hp. Atau, meng-copy tulisan di apk word tadi ke notepad lalu ditempelkan di blogger.

Berkomentarlah menggunakan bahasa yang Anda sendiri takjub untuk membacanya!
EmoticonEmoticon