Pixabay & UnSplash, 2 Situs Terbaik Untuk Download Foto Gratis

Ekstensi kedua situs tersebut adalah .com. Kabar baiknya adalah, baik Pixabay maupun UnSplash - menyediakan berbagai hasil foto dengan kualitas tinggi secara gratis. Meskipun, saya akan menyarankan para pembaca sekalian untuk mendaftar gratis agar memiliki akun disana, namun tanpa melakukan registrasi pun kita tetap bisa mendapatkan gambar dengan kualitas yang bagus.

Entah akan Anda gunakan untuk apa foto-foto disana. Yang saya tahu pasti, lisensi berbagai hasil jepretan tersebut adalah CC0 (Creative Commons Zero).

Apa artinya lisensi diatas?

Tentunya ini sangat terkait dengan sejauh mana penggunaan foto tersebut. Dan, CC0 merupakan lisensi yang didedikasikan dalam domain publik. Dimana, siapapun boleh menggunakannya untuk kepentingan apapun termasuk hal yang bersifat komersil seperti periklanan. Tidak hanya itu saja, kita juga dibebaskan untuk mendistribusikan dan memodifikasi (misalnya, mengeditnya) tanpa diperlukan adanya izin dari fotografernya.

Gak kebayang kalau kita menggunakan foto orang lain yang katakanlah di publikasikan di blog dan websitenya. Sementara, aturan yang ditetapkan di situsnya tersebut adalah melarang siapapun untuk mengambil, mengedit, dan mendistribusikannya di blog sobat. Apalagi, jika tanpa izin sekalipun.

Kalau kedapatan nanti Anda melakukannya, bisa-bisa artikel di blog Anda tersebut dilaporkan ke DMCA. Syukur-syukur kalau cuman 1 artikel saja yang di take down sama Google. Tapi kalau penaltinya adalah justru blog Anda dihapus dari peredaran index Google atau bahkan dibanned selamanya. Kan, rugi!

Bagaimana juga kalau si empunya foto mengambil jalur hukum dan Anda dikenakan denda? Bisa berabe dan stress Anda.

Mungkin di Indonesia belum banyak kasus yang terdengar atau bahkan belum di up di berbagai media nasional. Tapi tidak menutup kemungkinan di masa-masa mendatang, hal ini bisa saja menjadi perbincangan yang hot. Ini juga merupakan salah satu langkah bijak untuk mulai mengenal berbagai lisensi dari sebuah hak cipta. Apalagi seniman yang sudah capek-capek berkarya, malah plagiasi terhadap karyanya marak terjadi. Kan, kasian.

Karena itu, saya merasa sangat berterima kasih kepada mas-mas dan mbak-mbak yang telah bekerja keras membuat kedua website tersebut. Juga, kepada para penggunanya yang telah bersedia dengan senang hati membagikan karyanya untuk digunakan dalam berbagai kepentingan.

Dan, sebenarnya bukan hanya Pixabay dan UnSplash saja. Sudah banyak situs yang beginian. Cuman, yah... Hanya 2 ini saja yang jadi favorit saya. Bagaimana dengan Anda?

Berkomentarlah menggunakan bahasa yang Anda sendiri takjub untuk membacanya!
EmoticonEmoticon