Situs Untuk Membuat Gambar GIF, 4 Saja Dulu Yes?

GIF adalah singkatan dari Graphics Interchange Format. Yaitu salah satu format grafis yang bisa dikatakan paling sering digunakan oleh website. Menurut saya, alasan pertamanya adalah karena perpaduan warna yang digunakan lebih sedikit – apalagi jika dibandingkan dengan JPEG. Tidak mengherankan jika (misalnya) ketika Anda merubah video/foto menjadi gambar bergerak dengan ekstensi GIF, maka hasilnya akan terlihat “pecah” dan itu bisa dengan mudah diidentifikasi secara visual.

Kedua, ekstensi gambar ini memang salah satu yang tertua dan hingga saat ini tetap digunakan. Beda sendiri sih.

Nah, di dunia dengan teknologi yang semakin hari semakin canggih, tersedia banyak cara untuk membuat gambar bergerak ini. Baik dengan menggunakan efek kamera hp bawaan (tergantung merk dan tipenya ya bos), menginstall aplikasi tambahan, atau bisa juga memanfaatkan beberapa situs yang kehadirannya memang khusus untuk berkreasi dengan foto bergerak.

Satu hal yang juga harus diakui adalah, penggunaan format gambar tersebut setidaknya mampu menambah nilai estetis dari gambar aslinya. Bahkan, tidak jarang ditemui mampu untuk merubah perspektif awal yang dibawanya.

Dalam proses pembuatannya, pasti akan sangat menyenangkan jika bisa melakukannya dengan mudah, bukan? Namun, bagaimana jika animasi sebagaimana yang kita inginkan justru belum bisa kita ciptakan atau mungkin terlalu ribet hingga memakan waktu yang cukup lama? Lalu, kenapa harus repot?

Beda lagi ceritanya kalau Anda ingin memberikan animasi tersebut menggunakan Photoshop, misalnya. Bisa jadi karena memang secara sadar mempelajarinya untuk memaksimalkan kemampuan Anda dalam penggunaan software tersebut.

Akan tetapi, jika Anda benar-benar ingin melakukannya secara online dengan adanya bantuan dari website yang sudah ada – ada baiknya ente membaca ke-4 situs untuk membuat gambar GIF dengan hanya beberapa klik saja. Gratis dan tidak dibutuhkan skill apapun.

1. FreeGifMaker.me

Dulunya beralamat di Loogix.com. Entah sejak kapan berganti nama domain. Untuk menggunakan website ini, foto yang perlu anda persiapkan setidaknya minimal ada 2.

Hasilnya pun sangat sederhana tanpa adanya penambahan efek khusus jika Anda menginginkan animasi sesuai kemauan Anda. Tidak banyak pengubah-sesuain yang bisa dilakukan disini. Pengguna hanya diberikan keleluasaan dalam perubahan penempatan gambar sesuai urutan yang diinginkan, perubahan dimensi (ukuran) serta kecepatan transisi antara foto yang satu dengan yang lainnya. Lebih dari itu, tidak ada lagi yang bisa dilakukan.

Selain fungsi utama diatas, dalam situs ini juga menyediakan tool lainnya seperti Youtube to GIF untuk merubah video youtube menjadi gambar GIF dengan hanya melalui link, juga GIF Effects untuk memberikan efek khusus pada gambar. Efek disini telah tersedia dalam websitenya. Namun, dibatasi untuk bisa diterapkan hanya pada satu gambar saja. Dan, yang terakhir adalah Reverse GIF.

2. Picasion.com

Berbeda dengan poin diatas, gambar yang dibutuhkan disini setidaknya ada 3 dan seterusnya. Tentunya ada beberapa tool lainnya juga yang menarik untuk dikulik. Salah satu contohnya adalah Glitter dimana hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Selain bisa mengupload gambar langsung dari desktop, juga bisa dilakukan melalui Flickr maupun album Picassa. Silahkan pilih mana yang akan digunakan.

3. Gickr.com

Sama dengan Picasion dengan menyediakan minimal 3 foto. Jumlah maksimalnya adalah 10. Dan, transisi antar gambar yang bisa diciptakan mampu mencapai hingga 10 detik.

4. MakeaGIF.com

Yang jelas saya suka tema websitenya. Fitur yang ditampilkannya pun lebih banyak dari ketiga website diatas. Tidak main-main disini pun menawarkan fasilitas Premium Membership (berbayar) bagi pengguna. Yang gratisan? ADA.

Sangat disarankan untuk mengunjungi situs ini. Apalagi versi trialnya di gratiskan selama 3 hari. Maksimal gambar yang bisa di upload adalah 40. Banyak kan?

Demikian 4 situs untuk membuat GIF secara online. Ada tambahan atau pendapat lain?

Berkomentarlah menggunakan bahasa yang Anda sendiri takjub untuk membacanya!
EmoticonEmoticon