Sedang Tidak Ada Ide Menulis di Blog? Tetap Saja Menulis!

Agak setress judulnya. Sudah tahu orang sedang terbatas mendapatkan ide menulis, ini malah disuruh nulis juga. Mau ngetik apalagi?

Banyaaaaaaaak!

Pertanyaannya bukan mau menulis apa sebenarnya, tetapi ingin menulis di blog apa atau siapa? Mengenai siapa, sudah banyak situs yang menawarkan untuk Anda baik dengan imbalan berupa duit, exposure blog Anda sendiri dan seterusnya. Kalau ini saya rasa sudah banyak blogger yang ngerti. Tinggal lakukan saja pencarian di Google menggunakan kata kunci "Penulis Tamu" atau "Guest Post" maka selesai sudah.

Tapi saya sedang senang untuk membahas di blog "apa"?

Sebagai pemula, harus saya akui telah memiliki beberapa blog. Dari sub-domain gratisan, hingga pada tahap membeli domain baru. Baru beli domain aja, pakai pengumuman segala saya ini.

Disini pengumumannya: Beli Domain Baru

Dari kesemuanya, kalau  dikategorikan - hanya ada 2 jenis yaitu blog dengan tema tertentu (niche) dan gado-gado (berbagai macam topik).

Berdasarkan pengalaman, keterbatasan menyediakan konten terdapat pada blog niche tersebut. Saya sendiri cukup maklum dengan kemampuan pribadi yang memiliki ide yang serba kekurangan. Dan, memaksakan kehendak sepertinya bukan solusi untuk tetap membuat postingan di situs dengan tema tertentu yang saya kelola.

Karena itu, "melarikan" diri ke blog lainnya menjadi solusi praktis dan juga bermanfaat. Satu hal pasti yang bisa dirasakan langsung tentunya jumlah postingan di blog gado-gado akan semakin bertambah. Tulis apapun yang ingin Anda terbitkan. Tentunya jangan sampai yang tidak-tidak yang Anda publikasikan, ya?

Sebagai contoh, judul tulisan tersebut adalah "Cara Tak Lazim Mengeringkan Ketiak Yang Basah". Ini contoh saja. Bakal ada yang baca? Terserah!

Kan, tinggal periksa Google Analytic saja atau alat analisis lainnya yang Anda gunakan. Berapa kali telah dibaca. Berapa lama dibacanya, dan seterusnya. Gak perlu ribet dengan keyword dan persaingan yang saya sendiri pun masih tidak paham. Langkah ini juga sebenarnya akan semakin meningkatkan produktivitas dalam menulis. Bagaimana pun juga, dengan tetap menulis, otak tetap aktif berpikir. Itung-itung olahraga otak.

Dan bukankah dengan tetap memajang tulisan baru di blog, juga akan memberikan signal positif ke mesin pencari karena tetap di update secara terus menerus?

Kalau bicara monetisasi, bisa saja justru yang campuran tadi lebih menggiurkan hasilnya ketimbang yang cuma satu tema. Mungkin saja loh ya. Asal jangan terlalu banyak berharap. Dunia online itu tak sederhana, Tuan.

Jika merangkai kata seperti ini dilakukan secara berkesinambungan, bisa dikatakan bahwa kita juga tetap belajar. Karena meskipun satu dua kata yang diedit, bukankah proses pengeditan itu juga merupakan tahap pembelajaran dalam bidang menulis Anda, yekan?

Suatu saat akan dirasakan sendiri manfaatnya jika menulis di blog gado-gado. Dari yang tadinya hanya mampu menulis 100 kata, kemudian sejumlah 500 kata lebih pun sudah nggak ngefek. Belum lagi manfaat lainnya.

Sudah pasti ngertilah kalau artikel ini merupakan ajakan untuk memiliki portal berita pribadi Anda sendiri. Kalaupun hanya mampu mengisi konten baru dengan 1 gambar disertai sedikit deskripsi saja, itu tetap jauh lebih baik dibanding tidak ada sama sekali.

Beri saya pendapat lainnya jika memang ini sebuah kekeliruan. Barangkali itu bisa menyelamatkan saya dari sesuatu yang salah.

Terima kasih sudah mendengar curhat ini. Soalnya lagi pusing mau nulis apa 😁😁😁

Komentar

Postingan populer dari blog ini