Panduan Dasar Saat Membeli Laptop Baru, Perhatikan 3 Hal Ini!

Panduan dasar sebelum membeli laptop

Artikel ini khusus bagi Anda yang belum begitu paham mengenai laptop. Baik dari segi perangkat keras (hardware) maupun lunak (software). Saya juga gak begitu mendalami. Namun, pengalaman beberapa kali membeli laptop baik untuk diri sendiri maupun teman dan kerabat sebelumnya, akhirnya coba memberanikan diri untuk membaginya.

Panduan Dasar Membeli Laptop Baru


Karena ini merupakan panduan singkat hanya berdasar pengalaman, jadi mungkin akan ada kekurangan disana-sini. Tapi tentunya akan ada juga sisi manfaat yang menurut saya patut untuk diketahui. Berikut 3 hal yang bisa Anda lakukan ketika telah memutuskan untuk membeli laptop baru.

1. Hardisk, RAM, dan Processor

Semakin tinggi spek dari ketiga poin ini, semakin bagus pula performa laptop Anda. Namun biasanya, kita hanya akan mendapatkan 2 saja jika budgetnya terbatas. Entah itu hardisk dan RAM saja yang tinggi, sementara processornya sedikit rendah dan sebagainya.

Tapi, tidak masalah. Jika hardisk setidaknya berkapasitas 500 GB dan RAM-nya 2 GB, saya kira itu sudah sangat cukup. Dengan spek yang demikian, setidaknya Anda sudah akan mendapatkan Processor Core i3 dengan harga dibawah 5 jutaan.

Pada banyak gerai/dealer juga menyediakan laptop khusus Game. Artinya, spesifikasi yang ditawarkan minimal untuk bisa memainkan game-game tertentu dengan lebih ringan. Jika dana cukup, beli yang spek seperti ini karena untuk permainan sendiri itu butuh Processor, RAM dan Graphic yang tinggi.

2. Ketahui Software apa saja yang akan digunakan nanti

Ini terkait dengan system requirements sebuah perangkat lunak karena tidak semua laptop bisa menginstall aplikasi apasaja. Kalau cuma yang berbasis Office dan software dasar lainnya, mungkin hampir semua laptop mendukung. Tapi, bagaimana jika Anda ingin memasang software yang membutuhkan grafis yang tinggi seperti 3D Max atau ARCGis untuk pemetaan.

Jadi, baiknya mengetahui persyaratan standar sistem yang dibutuhkan oleh suatu software untuk bisa diinstall. Untuk mengetahuinya, Anda harus menjawab pertanyaan ini: "apa kira-kira software terberat yang akan Anda install nanti?"

Karena setiap software sudah memiliki system requirements-nya masing-masing, maka itu bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan, referensi online pun sudah banyak yang mengulasnya.

3. Garansi

Ini juga sangat penting. Mengenai jaminan, biasanya akan menyangkut  2 hal. Yang pertama adalah masa (waktu) suatu produk bisa diperbaiki ketika mengalami kerusakan pada bagian perangkat keras. Dan yang kedua adalah bagian-bagian mana saja yang bisa diperbaiki secara gratis. Untuk yang kedua, saya tidak terlalu pusib sih karena biasanya hampir sama semua.

Mengenai lamanya waktu laptop bisa mendapatkan layanan gratis, tentu saja lebih lama akan lebih baik. Saat ini sudah banyak yang menetapkan standar setidaknya 2 tahun untuk masa garansi.

Tanyakan juga, bagaiaman kalau dalam satu atau dua hari ketika laptop digunakan tiba-tiba rusak. Apakah bisa diganti baru atau tidak?

Rekomendasi: Penyebab Laptop Lenovo S210 Saya Rusak

Perhatikan juga lokasi tempat perbaikan resmi yang disediakan, jika terdapat dalam satu wilayah dengan kota Anda tinggal, itu akan lebih baik juga karena tidak akan bertambah waktu pengerjaan perbaikan tersebut. Kalau sudah beda provinsi bahkan harus beda pulau, tentu saja akan berimbas pada bertambahnya waktu yaitu yang dibutuhkan untuk pengiriman.

Itulah 3 hal yang harus Anda perhatikan saat membeli laptop baru. Jika ada kekurangan, silahkan tambahkan referensi yang Anda perlukan baik secara online maupun menanyakan langsung pada dealer resminya.

Semoga bermanfaat.

Berkomentarlah menggunakan bahasa yang Anda sendiri takjub untuk membacanya!
EmoticonEmoticon