Pencarian di Google untuk Jenis File Tertentu Seperti PDF, WORD dan sebagainya

Ketika kita mengakses mesin pencari Google dan telah selesai memasukkan kata kunci utama mengenai apa yang ingin kita ketahui, maka akan secara otomatis tersaji berbagai link website terkait. Pilihan ini kemudian ditampilkan sebagai web search atau pencarian informasi dari berbagai situs yang telah masuk dalam index Google. Sehingga, user pun bisa mengaksesnya dengan mudah.

Untuk berbagai alasan, ada kalanya kita mengharapkan hasilnya tersebut berasal dari situs tertentu namun dengan format yang berbeda. Tak sekedar membuka dan membaca dalam situs yang bersangkutan yang biasanya berakhiran dengan ekstensi .html, .php dan lainnya. Tapi juga mampu mengakses secara langsung jenis file seperti word, pdf, ppt dan masih banyak lagi yang mungkin sudah disediakan.

Kebanyakan, website yang ingin dikunjungi sebenarnya sudah menyediakan kolom atau kotak pencarian di dalam situsnya tersendiri dengan dalih User Experience. Hal ini tentu saja dimaksudkan demi meningkatkan pengalaman pengunjung didalam situs yang bersangkutan.

Namun, yah... Masa harus buka satu-satu situs lalu ngetik sana-sini. Itupun belum begitu menjamin bahwa file yang ingin dicari tersebut dapat didapatkan disana.

Melakukan Pencarian Jenis File Tertentu (PDF, WORD, PPT dan sebagainya) di Google

Dengan melakukannya melalui mesin pencari, hasil yang akan didapatkan pun akan lebih bervariasi karena akan menampilkan berbagai informasi dari berbagai situs. Jadi ada pembanding antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan cara tersebut, maka peluang untuk mendapatkan file yang dibutuhkan juga semakin lebih besar. Berikut yang bisa Anda lakukan.

1. Cara Sederhana Level Pemula

Metode yang pertama ini masih sering saya lakukan. Terutama jika informasi yang ingin didapatkan hukumnya tidak wajib. Artinya, kalau didapatkan ya syukur, gak juga tidak masalah. Dari tingkat kebutuhan, sudah bisa dipastikan bahwa informasi tersebut tidaklah begitu urgent.

Caranya adalah dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencari sebagai berikut.
Teori perkembangan wilayah .ppt
Setelah spasi terakhir, saya memasukkan format file powerpoint pada contoh diatas. Artinya, saya memerintahkan mesin pencari untuk mencari teori yang saya inginkan dalam format presentasi tersebut. Jika ingin dalam bentuk pdf, word, dan lainnya, tinggal diganti saja.

Sepengalaman saya, biasanya dengan cara sederhana diatas kita sudah bisa mendapatkan beberapa hasil pencarian terkait.

2. Metode Lanjutan (yang juga bisa dilakukan siapapun)

Hasil dari cara pertama diatas masih belum begitu variatif (banyak). Biasanya sih gitu. Dan, jika Anda pengen yang lebih tepat sasaran lagi, langkah ini yang mungkin Anda butuhkan.

Langsung lihat contoh dibawah bagaimana Anda akan melakukannya.
Tata kelola kawasan minapolitan filetype:pdf
Diatas terdapat kata filetype yaitu tipe/format file. Cara pertama diatas juga sama sebenarnya. Hanya kurang tepat karena mesin pencari malah diajak tebak-tebakan. Sehingga hasilnya akan menampilkan file yang diinginkan, namun juga yang selainnya (.html dan kawan-kawannya).

Berbeda dengan cara yang kedua ini, dimana target informasi yang Anda inginkan lebih tepat sasaran. Hasilnya pun akan lebih banyak. Tergantung apakah informasi tersebut telah banyak yang mempublikasikannya secara online. Jika telah banyak yang menyebarluaskannya maka semakin variatif pula hasil yang akan ditampilkan di mesin pencari.

3. Jenis file tertentu di situs yang diinginkan

Metode yang ketiga ini merupakan yang terakhir yang juga bisa dicoba. Cara ini opsional, jadi mau digunakan atau tidak, terserah.

Tujuannya adalah mendapatkan file yang Anda inginkan hanya di situs yang Anda inginkan pula. Contohnya gini. Situsnya Kementerian Kelautan dan Perikanan kan bisa diakses di kkp.go.id. Nah, meskipun Anda juga bisa langsung melakukan pencarian langsung disana, kenapa tidak mencobanya juga dengan melakukannya di Google (mesin pencari). Apalagi kalau kuota tinggal dikit, belum lagi situs pemerintahan sering loading lama karena terlalu banyak yang akses dalam satu waktu.

Saya contohkan dulu caranya seperti berikut ini dengan melakaukan pencarian via Google.
Penandaan kapal perikanan filetype:pdf site:kkp.go.id
Sampai pada jenis file, formatnya masih sama dengan cara kedua. Namun, setelah itu ada penambahan baru yaitu site (situs) disertai dengan alamat situsnya. Cara ini berguna terutama untuk mendapatkan file langsung dari situs resminya, terlebih pada publikasi yang telah dilakukan oleh pihak pemerintah maupun swasta yang informasinya valid (bisa dipertanggungjawabkan).

Gak usah repot ngafalin nama situs kalau memang ribet, tinggal searching saja biasanya juga sudah dapat.

Nah, bagaimana menurut Anda?

Mungkin masih ada lagi cara lainnya, namun dengan mencoba melakukan ketiga cara diatas, sepertinya sudah cukup. Dan sebenarnya sangat mudah sekali.

Jika ada pertanyaan, silahkan gunakan komentar dibawah ya. Dan, jika tulisan ini bermanfaat, mohon untuk membagikannya. Barangkali teman Anda sedang membutuhkan.

Terima kasih.

Berkomentarlah menggunakan bahasa yang Anda sendiri takjub untuk membacanya!
EmoticonEmoticon