Apa Itu Slack dan Kenapa Kamu Harus Menggunakannya?

Beralamat di slack.com, kamu bakalan membaca mengenai situs yang satu ini dalam versi ulasan singkatnya. Pernah dengar sebelumnya apa itu Slack? Jika belum, silahkan lanjutkan membaca. Yang jelas, secara garis besar, situs yang juga telah memeiliki aplikasi dengan fungsi yang sama ini akan sangat membantu dalam berkomunikasi antara tim atau klien saat mengerjakan projek tertentu.

Saya juga tidak bepengalaman dalam menggunakannya, meskipun sebenarnya sangatlah mudah. Awal perkenalan saya adalah ketika mulai bekerja di salah satu perusahaan swasta di Bali. Untuk komunikasi antara rekan pekerja, baik pengiriman pesan maupun dokumen, bisa dilakukan melalui Slack ini. Pantas saja saat waktu jam kerja telah dimulai, sangat jarang sih dengar suara pekerja. Tapi bukan berarti sunyi senyap juga. Sesekali tetaplah dengar suara manusia.

Tapi, kebanyakan dengarnya adalah suara keyboard. Baik yang kita gunakan sendiri maupun rekan lainnya.

Kenapa harus menggunakan Slack?

Kalau urusan pengiriman pesan dan juga dokumen dalam satu perusahaan serta memfasilitasi komunikasi antara rekan kerja meskipun yang berbeda divisi atau tim, jejaring sosial dan aplikasi messenger lainnya memang sudah bisa dimanfaatkan. Namun, namanya juga kerja, jadi harus fokus. Sementara jejaring sosial dan aplikasi lainnya, memiliki terlalu banyak notifikasi. Konsentrasi bisa buyar kemana-mana.

Di Slack sendiri, disediakan fitur khusus yang bernama Channel. Pada saluran ini, secara sederhana sama fungsinya dengan sebuah grup. Berisi banyak akun pengguna lainnya yang telah diundang sehingga bisa secara langsung untuk update atau melakukan diskusi disana. Termasuk dengan fitur lainnya juga yaitu Direct Message dimana kamu bakalan bisa langsung melakukan percakapan dengan mengirimkan pesan ke pengguna tertentu saja (pribadi/individu).

Kedua fitur pendukung komunikasi diatas sangatlah mendukung aktivitas kolaborasi antara satu atau beberapa tim dalam sebuah projek. Termasuk pengiriman file tertentu dan menghubungkan dengan beberapa aplikasi web lainnya seperti Google Drive dan sebagainya.

Fitur yang tidak kalah pentingnya juga adalah face-to-face yang memungkinkan untuk melakukan panggilan baik audio maupun video (tatap muka), serta face-to-screen dimana tampilan layar desktop atau laptop kita bisa kita tampilkan di desktop pengguna lainnya jika dibutuhkan.

Perusahaan besar kelas dunia sudah banyak yang menggunakannya, dan sekarang adalah giliran kamu dengan tim yang solid untuk menggunkan layanan yang sama. Apalagi, kan bisa dinikmati secara gratis.

So, kenapa tidak mendaftar di Slack saat ini juga dan menikmati kolaborasi dalam sebuah projek dengan tim kesayangan kamu?

Komentar

Postingan populer dari blog ini