Panduan Membuat Sitemaps Blogspot di Google Search Console

Sitemaps atau peta situs berisi berbagai link dari artikel yang telah dipublikasikan di blog. Dan kali ini akan diberikan cara membuatnya di Google Search Console (Webmaster Tools).

Sepanjang yang saya ketahui, terdapat 2 jenis peta situs yang biasa ditemui di blog atau situs.

Yang pertama adalah peta situs untuk membantu navigasi pengunjung yang langsung ditampilkan sebagai salah satu menu, halaman atau kategori suatu blog. Biasanya dinamakan sebagai Daftar Isi. Dan yang kedua adalah peta situs untuk membantu mesin pencari dalam melakukan perayapan terhadap blog Anda.

Dan sitemap yang kedualah yang akan dibahas dalam panduan singkat ini. Serta mesin pencari yang akan dimanfaatkan adalah Google.

Mengenai platformnya, akan dibatasi saja pada produk Google yaitu Blogger.com. Baik yang versi gratisnya (blogspot) maupun yang telah di custom domain (.com, .net dan lainnya).

Cara membuat sitemaps Blogger di Google Search Console

Berikut langkah-langkahnya:
1. Masuk ke Google Search Console, lalu pilih salah satu properti blog yang telah didaftarkan.
2. Pilih Crawl > Sitemaps lalu klik pada ADD/TEST SITEMAPS pada bilah kanan sehingga muncul kotak dialog pengisian peta situs yang dibutuhkan.

Membuat Sitemaps di platform Blogger

3. Isi form pada kotak tersebut dengan: sitemap.xml

Pengisian Sitemaps di Search Console

Jika ragu apakah sitemapnya telah diisi dengan benar atau tidak dan untuk mengetahui apakah akan ada kesalahan (error), klik Test untuk memeriksanya.

Jika ingin langsung membuatnya, silahkan klik pada Submit.

Sudah, kan?

Lanjutkan dengan me-refresh halaman sitemaps ini untuk melihat hasilnya.

Sitemaps blog telah selesai dibuat

Sebagai catatan, jika blog Anda baru saja dibuat dan belum berisi satu pun artikel, biasanya akan ada pesan error pada sitemap tersebut. Namun jika sudah ada artikel yang dipublikasikan, se-pengalaman saya tidak akan ada pesan kesalahan ini.

Selain sitemap.xml, Anda juga bisa menggunakan feeds/posts/default. Silahkan pilih salah satu atau menggunakan kedua-duanya pun, sah-sah saja. Tapi kalau saya biasanya hanya memakai yang pertama saja.

Ketika sitemaps diatas telah selesai dibuat, kedepannya Anda juga bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memeriksa berapa banyak link artikel yang telah dikirimkan untuk dirayapi oleh mesin pencari. Juga berapa banyak yang telah di-index.

Perlukah mengirimkan ulang (resubmit) sitemaps yang sudah ada tiap mempublikasikan artikel baru?

Khusus untuk blogspot maupun yang telah diubah nama domainnya ke TLD dengan platform Blogger, sebenarnya tanpa membuat sitemaps pun maka postingan Anda akan tetap ditampilkan di mesin pencari Google (indexed).

Jadi tidak perlu di resubmit lagi meskipun dimungkinkan dengan adanya fitur yang mendukung hal tersebut. Begitu juga jika menggunakan CMS wordpress, dan sebagainya.

Baca Juga: Pengalaman Blog Saya Diterima Google Adsense dalam Sehari

Semua link artikel baru yang telah Anda terbitkan akan secara otomatis bertambah jumlahnya pada peta situs yang telah dibuat seiring waktu berjalan. Terkadang beberapa jam kedepan, kadang juga hingga berhari-hari.

Serahkan saja proses pengindeksan ini pada robot perayap mesin pencari. Jadi tidak usah lagi buang-buang waktu berharga Anda.

Jika Anda memiliki pengalaman lain terkait pembahasan ini, jangan malu-malu menyampaikannya langsung.

Sekian panduan singkat ini dan semoga bermanfaat.

Berkomentarlah menggunakan bahasa yang Anda sendiri takjub untuk membacanya!
EmoticonEmoticon