Cara Agar WhatsApp Tidak Download Gambar dan Video Otomatis

Terkhusus bagi pengguna aplikasi WhatsApp terutama dengan sistem operasi Android, postingan ini merupakan panduan agar setiap gambar/foto, video dan berbagai format media atau file lainnya tidak secara otomatis terunduh (download).

Fungsi utamanya yah, supaya kapasitas penyimpanan (memory) hp tidak cepat habis. Juga biar enggak repot untuk memilih satu-satu dan menghapus file yang telah ter-download. Selain itu, bisa juga membantu menghemat penggunaan data internet.

Itu saja menurut saya.

Saat pemasangan aplikasi pertama kali, secara default memang akan mengunduh berbagai media yang dikirimkan baik secara langsung ke akun kita pribadi maupun yang dibagikan di berbagai grup.

Bahkan sebelum (misalnya) foto kita buka atau lihat, gambarnya sudah akan mejeng dengan cantik di folder Gallery/Photo hp.

Menu-menuhin memory saja kan?Padahal terkadang tidak penting. Ngapain juga disimpan. Mending dicegah saja sejak awal. Cukuplah yang ingin kita simpan atau koleksi saja.

Caranya saaaaaangatlah mudah. Yaitu buka aplikasi Whatsapp lalu akses menu Settings > Data and storage usage.

Agar aplikasi WA tidak mengunduh file otomatis

Pada pengaturan data ini, terdapat fitur yang dinamakan sebagai Media auto-download yang juga terdiri atas 3 pilihan yaitu:
  1. When using mobile data (saat menggunakan koneksi data internet)
  2. When connected on Wi-Fi (saat terhubung ke jaringan Wi-Fi)
  3. When roaming (ketika berada di luar negeri).


Buka (tap) masing-masing dari ketiga pengaturan tersebut dan hilangkan tanda centang pada setiap pilihan yang disediakan. Entah semuanya atau hanya pada format file tertentu saja, terserah kebutuhan Anda.

Dan, selesai.

Baca juga: Aplikasi Mozilla Firefox di Android Lambat

Sebagai catatan, untuk pesan dalam format audio (suara) akan tetap terunduh secara otomatis. Selain itu, tidak. Dan akan mengikuti setiap pengaturan yang baru saja Anda lakukan.

Sekian. Wassallam. Silahkan lanjutkan hidup Anda. Bye.

Berkomentarlah menggunakan bahasa yang Anda sendiri takjub untuk membacanya!
EmoticonEmoticon