Bagiamana Cara Memulai Belajar Blog

kebingungan mau mulai belajar blog
Dari judulnya saja sudah kelitahan amatiran sekali saya ini kan? Karena memang kelasnya masih pemula. Masih banyak yang harus dipelajari mengenai dunia blog.

Tapi dari pengalaman sedikit yang saya miliki, dengan bisa membuat blog saja itu sudah bagus, malah lebih.

Di grup Blogger yang saya ikuti di Facebook, ada saja yang bertanya mengenai bagaimana cara belajar ngeblog. Bahkan mungkin ada saja setiap hari pertanyaan seperti itu yang disampaikan oleh mereka yang entah benar-benar pemula atau sekedar bercanda saja di grup. Entahlah.

Saya terkadang kebingungan mau menjawabnya seperti apa. Beberapa profil lainnya mengomentari dengan disisipkan link ke blog mereka yang mungkin relevan.

Tapi yang jadi pertanyaan saya adalah, belajar ngeblog itu mau belajar apanya? Ada yang fokus untuk mempelajari pembuatan template, ada yang khusus menulis artikel SEO, ada yang benar-benar copaser yang gak peduli apapun baik manual maupun dengan blog AGC-nya dan masih banyak lagi. Lalu, jika Ands yang bertanya mengenai bagaimana cara memulai belajar blog, Anda mau belajar apanya?

Bagi saya, mau disebut sebagai blog atau website, intinya sama saja dengan mengesampingkan sisi teknis diantara keduanya. Karena pada dasarnya keduanya adalah bagaimana kita berbagi melalui konten. Mau kontennya video, foto-foto saja, artikel dengan hanya 1 kalimat, kalau memang itu menarik, berarti fokusnya adalah bagaimana membuat dan menyajikan konten tersebut.

Pertanyaan mengenai bagaimana belajar ngeblog ini sepertinya bersumber salah satunya dari pola pikir membatasi diri sendiri tanpa disadari. Menurut saya loh ya. Jadi bisa saja saya keliru. Tapi bagian menariknya adalah apa yang tidak bisa internet berikan ke diri kita sendiri mengenai cara belajar blog.

Tinggal buka Google Chrome atau browser lainnya di hp saja dan mulai mengetikkan kata kunci yang ingin kita cari informasinya. Dalam hitungan detik, jangankan belajar ngeblog, bahkan yang sedang trending di Amerika saja bisa kita dapatkan informasinya dengan mudah.

Atau jangan-jangan pihak yang bertanya mengenai hal ini masih belum tahu cara ini? Masa sih? Jutaan tutorial blog bisa diakses di hp saat ini, lantas kita masih menanyakan hal yang sama.

Memang ada pepatah yang mengatakan bahwa "malu bertanya sesat di jalan" tapi mbok ya nanya dulu sama Google dan lihat hasilnya, kemudian putuskan apakah hal itu akan ditanyakan di grup atau tidak.

Pokoknya jangan malas deh cari informasi, karena hampir semuanya sudah dijelaskan oleh blogger lain hingga super lengkap. Di mesin pencari sangat memungkinkan bahwa setiap pertanyaan tentang blog sudah ada jawabannya, yang perlu dilakukan adalah kemauan Anda untuk mulai menggunakannya.

Maaf curhat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini